Penyakit Sinusitis (Rhinosinusitis)

Penyakit Sinusitis (Rhinosinusitis) – Sinus merupakan bagian tubuh yang berada di dinding hidung yang berisikan udara seperti rongga. Sinus ini bisa menimbulkan suatu gangguan kesehatan yang dikenal dengan penyakit sinusitis. Penyakit sinusitis akan menyebabkan kondisi penderitanya seperti sedang flu atau pilek. Peradangan pada sinus yang paling sering dialami oleh banyak orang, dan dampaknya bisa menurunkan indra penciuman penderitanya, atau akan berkurang kemampuan untuk mencium aroma apa pun. sinus bagian yang berhubungan dengan rongga hidung, karena rongga sinus di tulang pipi akan membuka lubang pada hidung. Di tulang pipi terdapat 4 sinus, yaitu pada dahi, batang hidung, belakang mata dan juga pada pipi. Fungsi sinus ialah untuk menghasilkan cairan atau suatu lendir agar kelembaban paru paru terkontrol dengan baik. cairan yang dihasilkan oleh sinus akan mengalir melalui saluran kecil, karena itu apabila menderita penyakit sinusitis maka cairan yang dihasilkan oleh sinus tidak dapat mengalir dengan baik dan efeknya menyebabkan suhu paru paru tidak stabil.

Penyebab Penyakit Sinusitis (Rhinosinusitis)

Penyakit sinusitis dikenal dengan istilah lain yaitu Rhinosinusitis, yang terjadi pada saat mengalami sinustis ialah pembengkakan pada bagian dinding hidung. Siapa pun berpotensi untuk mengalami penyakit sinusitis, baik pada orang dewasa dan juga pada anak anak. Ada banyak hal yang menyebabkan peradangan atau inflamasi pada sinus sehingga menyebabkan pembengkakan dan mengakibatkan cairan yang dihasilkan oleh sinus tidak dapat mengalir dengan baik. maka dari itu berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) :

  • Infeksi

Penyebab penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) bisa dikarenakan oleh infeksi. infeksi paling sering menyebabkan penyakit sinusitis ialah infeksi yang berasal dari virus, seperti yang bisa menyebabkan flu dan juga pilek. Oleh karena itu pada saat menderita flu bisa juga bersamaan akan menyebabkan peradangan pada sinus. Selain disebabkan oleh infeksi virus, penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) juga bisa dikarenakan oleh infeksi jamur.

  • Infeksi pada gigi

Terjadinya penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) bukan hanya dikarenakan infeksi pada saluran pernapasan saja, tetapi pemicu inflamasi pada sinusitis juga bisa dikarenakan oleh infeksi yang berasal dari gigi. Untuk itu menjaga kebersihan gigi sangatlah penting agar tidak ada infeksi yang menyebabkan sakit gigi atau pun menyebabkan sinusitis.

  • Alergi

Penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) pada anak juga bisa terjadi, anak anak yang menderita sinusitis kebanyakan karena faktor alergi. anak anak lebih rentan memiliki alergi, terutama pada debu dan kotoran sehingga bisa mengakibatkan inflamasi pada sinusitis juga.

  • Merokok

Faktor pemicu penyakit sinusitis salah satunya adalah merokok. rokok yang di hirup maka racunnya akan masuk ke dalam tubuh. racun dari rokok tersebut lah yang bisa memicu penyakit sinusitis (Rhinosinusitis).

  • Lingkungan

Faktor lingkungan juga mempengaruhi, dari lingkungan yang udaranya kurang baik sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit sinusitis.

  • Kekebalan tubuh kurang baik

Risiko menderita penyakit sinusitis pun bisa karena kekebalan tubuh yang kurang baik atau lemah.

Adanya polip pada hidung bisa menghalangi cairan yang dikeluarkan oleh sinus juga.

Gejala Penyakit Sinsuitis (Rhinosinusitis)

Ada 4 jenis penyakit sinusitis yang bisa dialami oleh setiap orang, yaitu sinustis akut, sinusitis sub akut, sinusitis kronis, dan juga sinusitis yang bersifat kambuhan.  Tetapi gejala umum yang akan terjadi oleh penderita penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) seperti berikut :

  • Sakit kepala
  • Demam dengan suhu 38°Celcius atau lebih
  • Hidung tersumbat atau keluar cairan kuning kehijauan
  • Nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan
  • Kehilangan indera penciuman
  • Bau mulut/napas (halitosis)

Dan gejala yang terjadi apabila menderita penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) jenisnya, dibawah ini beberapa hal yang akan dialami ketika mengalami penyakit sinusitis :

  • Penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) akut

Munculnya mukus atau lendir berwarna kuning atau hijau dari hidung, sakit kepala, nyeri pada wajah terutama sekitar mata, pipi, hidung, dan dahi yang terasa lebih hebat bila membungkuk, terganggunya indera penciuman, batuk, hidung beringus, demam, nafas berbau, kelelahan, dan sakit gigi.

  • Penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) subakut

Gejala umum sinusitis yang berlangsung selama 1 sampai 3 hari.

  • Penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) kronis

Hidung beringus atau justru terasa tersumbat, nanah di rongga hidung dan cairan hidung berubah warna, demam, wajah terasa penuh, dan demam. Kondisi sinusitis dikatakan buruk bila nyeri, kemerahan, dan bengkak di sekitar mata dan dahi, sakit kepala hebat, demam tinggi, penglihatan ganda, leher kaku, dan kebingungan.

  • Penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) Kambuhan

Gejala yang akan kambuh di kondisi tertentu.

Mengatasi Penyakit Sinusitis (Rhinosinusitis)

Untuk kondisi yang ringan tidak membutuhkan pengobatan khusus untuk penyakit sinusitis (Rhinosinusitis). Kondisi akan membaik secara alami dengan meningkatnya kekebalan tubuh, tetapi apabila kondisi semakin buruk dan gejala sinusitis tidak kunjung hilang bisa melakukan pemeriksaan. dan biasanya obat untuk inflamasi dan menghentikan peradangan akan diberikan untuk mengurangi gejala penyakit sinusitis. Agar cepat membaik dari penyakit sinusitis (Rhinosinusitis) ada baiknya jika menjaga kesehatan tubuh dengan minum banyak madu, sehingga kekebalan tubuh meningkat dan kesehatan akan kembali pulih dengan cepat. (By:RM)

Penyakit Sinusitis (Rhinosinusitis)


=====================================

>>> Obat Sinusitis Membantu Mengatasi Sinusitis, Mengatasi Peradangan, Sebagai Antibiotik Alami, Meluruhkan atau Menurunkan Demam, Menghilangkan Rasa Sakit dan Meluruhkan Dahak Serta Memperbaiki Jaringan Organ-Organ Tubuh Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Sinusitis and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.