Penyakit Sinusitis pada Hidung

Penyakit Sinusitis pada Hidung Penyaki sinusitis adalah salah satu bentuk peradangan yang terjadi di rongga sinus yang diakibatkan karena alergi atau juga karena infeksi virus, bakteri, serta jamur. Penyakit sinusitis mempunyai sifat akut atau berlangsung selama kurang lebih 3 minggu atau kurang, dan juga kronis yang biasanya berlangsung selama kurang lebih 3-8 minggu namun juga akan berlanjut selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lamanya.

Penyakit Sinusitis pada Hidung

Penyakit Sinusitis pada Hidung

Penyakit Sinusitis

Jenis penyakit sinusitis pada hidung adalah :

  1. Penyakit sinusitis akut
    Penyakit sinusitis akut pada hidung akan menyebabkan rongga nafas mengalami pembengkakan dan akan meradang. Hal inilah yang kemudian akan menyebbakan kekeringan serta menyebabkan terjadinya pembentukan lendir. Dan kondisi yang seperti ini lebih sering disebut dengan cute rhinosinusitis. Pada penderita penyakit sinusitis akut, biasanya akan mengalami sesak nafas, nafas melalui hidung. Dan daerah pada sekitar mata serta wajah kemungkinan akan mengalami pembengkakan, dan Anda akan merasakan gejala sakit dalam bentuk denyutan di wajah atau juga mengalami sakit kepala. Penyakit sinusitis pada hidung yang bersufat akut biasanya diakibatkan karena sakit flu. Dan pemicu yang lainnya didasarkan karena penyebabnya. Untuk kebanyakan kasus, pengobatan yang dilakukan dirumah adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan. Dan bagaimanapun juga, penyakit sinusitis pada hidung akan bertahan lama bisa menimbulkan terjadinya infeksi serius dan juga munculnya berbagai komplikasi lainnya. Dan penyakit sinusitis yang akan berakhir lebih dari 8 minggu, atau juga kambuh lagi walaupun sudah sembuh dianggap sebagai penyakit sinusitis kronis.

Dibawah ini adalah gejala atau ciri-ciri penyakit sinusitis pada hidung adalah :

  1. Sakit dibagian wajah dan juga dahi
    Gejala penyakit sinusitis pada hidung yang sering terjadi adalah rasa sakit serta nyeri pada daerah sekitar wajah, dimana sinus yang mengalami peradangan adalah dibagian dahi, antar mata, belakang hidung, dan juga di kedua sisi hidung, rahang serta depan, gigi rahang atas, nyeri pada bagian belakang mata, di puncak kepala, serta disepanjang tengkuk.
  2. Ingus
    Jika Anda mengalami penyakit sinusitis pada hidung, maka gejala umum yang lainnya adalah ingus yang keluar lewat hidung yang warnanya kuning atau juga warna hijau dan ditandai dengan baunya yang tajam. Selain itu juga ingus tidak bisa mengalir ke belekang menuju ke arah tenggorokan sehingga akan merasakan gatal serta ketidaknyamanan pada bagian belakang tenggorokan.
  3. Hidung tersumbat
    Di saat yang bersamaan dengan ingus yang keluar, penyakt sinusitis pada hidung juga biasanya ditandai dengan gejala hidung yang tersumbat. Akibat dari suatu infeksi dan juga peradangan yang bisa menimbulkan terjadinya pembengkakan pada sinus dan juga dibagian dalam. Akibat dari terjadinya sumbatan di hidung, dan kmeungkinan tidak disertai juga dengan berkurangnya penciuman serta perasa atau pengecapan.
  4. Sakit kepala
    Gejala penyakit sinusitis pada hidung lainnya adalah sakit kepala. Adanya tekanan tinggi serta pembengkakan yang terjadi didaerah sinus yang terjadi dengan terus menerus akan bergema pada seluruh tengkorak, sehingga menimbulkan sakit kepala. Selain itu, rasa sakit yang muncul pada tempat-tempat yang memang kemungkinan tidak terduga, misalnya adalah sakit kepala, sakit gigi, dan juga rasa nyeri pada bagian rahang serta bagian pipi. Sakit kepala sebagai suatu akibat dari penyakit sinusitis yang sering terasa berat di pagi hari karena cairan ini sudah mengumpul di sepanjang malam.
  5. Batuk
    gejala pennyakit sinusitis pada hidung ini disebabkan karena ingus yang menuju ke bagian belakang tenggorokan. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya iritasi, dan yang paling utama adalah jika terjadi dalam waktu yang berkepanjangan. Hal ini akan menyebabkan batu lama dan juga sangat mengganggu. Batuk yang muncul karena penyakit sinusitis pada hidung merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu karena cenderung lebih parah di malam hari, dan akan membuat kita menjadi susah tidur. Tidur dengan posisi setengah duduk dengan kepala yang tegak juga bisa membantu untuk mengurangi frekuensi serta intensitas batuk yang seperti ini.
  6. Sakit tenggorokan
    Penyakit sinusitis pada hidung ditandai juga dengan postnasal drop. Hal ini akan memicu terjadinya sakit tenggorokan. Dan walaupun kemungkinan awalnya hanya terasa gatal, namun jika hal ini berlangsung dalam waktu lama selama beberapa minggu atau juga lebih, lendir yang akan menyebabkan terjadinya iritasi dan juga bisa menyebabkan peradangan serta sakit.

Pencegahan penyakit sinusitis pada hidung yang bisa dilakukan adalah :

  1. Hindarilah infeksi pada saluran pernapasan atas. Dan kurangilah kontak langsung dengan orang yang sedang pilek. Cucilah tangan Anda dengan teratur menggunakan sabun dan juga air, khususnya adalah sebelum makan.
  2. Sebaiknya berhati-hatilah dalam merawat penyakit alergi yang Anda alami. Berkerjasama dengan dokter pribadi Anda untuk menjaga gejala supaya tetap terkendali dengan baik.
  3. Hindarilah asap rokok serta polusi udara asap tembakau atau juga polusi udara lainnya yang bisa menimbulkan terjadinya iritasi dan bisa menimbulkan peradangan pada paru-paru dan juga jalan napas.

Itulah informasi mengenai penyakit sinusitis pada hidung. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Penyakit Sinusitis pada Hidung


=====================================

>>> Obat Sinusitis Membantu Mengatasi Sinusitis, Mengatasi Peradangan, Sebagai Antibiotik Alami, Meluruhkan atau Menurunkan Demam, Menghilangkan Rasa Sakit dan Meluruhkan Dahak Serta Memperbaiki Jaringan Organ-Organ Tubuh Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Sinusitis and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.