Komplikasi Penyakit Sinusitis

Komplikasi Penyakit SinusitisPenyakit sinusitis merupakan infeksi yang terjadi dibagian sinus paranasal yakni adalah rongga rongga yang ada didalam sekitar hidung. Penyakit sinusitis terjadi karena adanya komplikasi yang muncul dibagian jalan nafas atas. Diperkirakan penyakit sinusitis merupakan salah satu jenis penyakit yang penderitanya banyak dialami masyarakat Indonesia. Yang dimaksud dengan jalan nafas atas adalah seperti tenggorokan, hidung dan telinga, dan yang dimaksud dengan jalan napas bawah adalah organ paru-paru.

Penyakit Sinusitis dan Komplikasinya

Komplikasi penyakit sinusitis yang sering terjadi adalah congek, sesak nafas, penyakit bronkitis kronis, dan juga infeksi pada lambung kronis atau gastritis kronis. Penyakit sinusitis bisa lebih mudah menyerang anak-anak. Karena sistem daya tahan tubuh mereka masih kurang dan anak yang mempunyai masalah alergi biasanya akan menonjol sehingga lebih mudah terjangkit penyakit batuk pilek. Dan umumnya setelah mereka mengalami penyakit flu atau influenza, maka anak biasanya akan mengalami komplikasi penyakit sinusitis.

Penyebab dari terjadinya penyakit sinusitis adalah salah satu akibat dari kelembapan yang muncul di selaput lendir hidung karena adanya suatu infeksi dari serangan virus infulenza. Sehingga pada akhirnya akan menyebabkan gangguan pada drainase atau proses dari pengeriingan lendir, hidung dan juga sinus. Lendir bisa menjadi lebih tertahan, tidak terbuang dengan baik, dan menyebabkan terjadinya suatu infeksi bakteri yang pada akhirnya akan berdampak dengan terjadinya penyakit sinusitis.

Komplikasi Penyakit Sinusitis

Komplikasi Penyakit Sinusitis

Infeksi yang muncul didaerah sinus atau rongga yang terjadi disekitar hidung biasanya akan menimbulkan komplikasi di bagian hidung juga. Dan sekitar hidung itu sendiri ada 4 pasang sinus paranasal. Diantaranya adalah sinus maksila yang letaknya berada di pipi, sinus frontal yang berada di dahi, sinus etmoid yang berada didekat mata, serta berada di belakang sinus etmoid yang ada di sinus sfenoid.

Jika tidak mendapatkan penanganan dengan segera, maka setelah 3 bulan berlangsung, penyakit sinusitis akan berubah menjadi kronis. Sinusitis disebut menjadi kronis jika munucl jaringan atau penyakit polip didaerah sinus. Dengan munculnya dan timbulnya polip hidung maka akan menyebabkan sumbatan dan pada akhirnya akan membuat terjadinya gangguan pada drainase. Yang pada akhirnya akan berakibat pilek semakn tidak sembuh. Lendirnya akan turun ke tenggorokan dnegan warna putih susu. Dan tidak heran, hal inilah yang menyebabkan penderitanya akan mengeluarkan dahak. Sementara didalam dahak ini mengandung infeksi, jadi sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan segera.

Komplikasi penyakit sinusitis, apalagi di bagian radang telinga tengah kronis yang lebih dikenal dengan penyakit congek atau kopok. Hal ini disebabkan karena adanya lendir yang masuk ke dalam telinga, sehingga akan berubah menjadi radang telinga tengah. Gejala awal  yang terjadi ditandai dengan munculnya suhu tbuh anak dan juga memerahnya bagian gendang telinga pendengaran mereka.

Jika penyakit congek tadi lekas sembuh, pada akhirnya akan menimbulkan masalah tuli konduktif. Komplikasi penyakit sinusitis yang paling utama terjadi pada anak-anak adalah karena jarak dari telinga dan juga hidung pada anak biasanya lebih pendek, sementara untuk saluran yang menghubungkannya juga menjadi lebih besar lagi. Dan dengan begitu, bisa memudahkan penjalaran dari infeksi dari hidung menuju ke telinga.

Komplikasi penyakit sinusitis lainnya yang lebih fatal adalah jika terjadi komplikasi yang menyerang selaput otak yang lebih dikenal dengan istilah meningitis atau radang selaput otak. Dan jika sudah di taraf ini, maka bisa beresiko dengan terjadinya kematian. Gejala yang dialami adalah muntah serta mengalami kejang-kejang.

Biasanya yang terjadi adalah jika anak semakin besar, maka kelenjar adenoid juga akan semakin mengecil. Dan jika adenoid semakin membesar, maka dengan otomatis pembuangan dari lendir pada sinus juga akan mengalami gangguan. Komplikasi penyakit sinusitis pada bronkus juga sering terjadi. Yang lebih dikenal dengan istilah penyakit sino-bronkitis, yakni merupakan suatu penyakit yang muncul karena radang sinus kronis yang bisa menimbulkan terjadinya penyakit bronkitis kronis. Dimana bronkus yang tidak kunjung sembuh karena mengalami penularan dengan sekret dari sinus tadi.

Hal yang bisa membantu mencegah supaya komplikasi penyakit sinusitis tidak terjadi adalah dengan tidak membiarkan anak mengalami serangan flu. Jika terserang penyakit flu, maka sebaiknya berikanlah pengobatan dan juga penanganan yang tepat. Untuk penderita penyakit flu, maka biasanya dokter akan memberikan obat antibiotika. Nah, yang sering terjadi adalah jika infeksi masih belum tuuntas, namun pengobatan sudah dihentikan. Pada akhirnya hal ini akan menimbulkan terjadinya infeksi yang berubah menjadi kronis dan akan kambuh jika suatu saat penderita mengalami penyakit influenza lagi.

Oleh sebab itulah pemberian obat juga harus diberikan dengan adekuat, dalam waktu lama dan juga mendapatkan dosis yang tepat. Dan jika tidak penyakit ini maka tidak akan sembuh dalam waktu lama meskipun sudah mendapatkan obat antibiotik yang kuat. hal ini disebabkan karena adanya jaringan polypoid yang menyebabkan dranaise trgalang atau penyumbatan drainase sinus sehingga akan membuat sinusitis lebih cepat kambuh.

Itulah informasi mengenai komplikasi penyakit sinusitis. Semoga informasi mengenai penyakit sinusitis dan komplikasinya ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Komplikasi Penyakit Sinusitis


=====================================

>>> Obat Sinusitis Membantu Mengatasi Sinusitis, Mengatasi Peradangan, Sebagai Antibiotik Alami, Meluruhkan atau Menurunkan Demam, Menghilangkan Rasa Sakit dan Meluruhkan Dahak Serta Memperbaiki Jaringan Organ-Organ Tubuh Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Sinusitis and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.