Gejala Penyakit Sinusitis

Gejala Penyakit Sinusitis –¬†Umunya gejala penyakit sinustis yaitu dengan terjadinya pilek yang berkepanjangan yang tak kunjung sembuh-sembuh juga yang disertai dengan ingus yang keluar berwarna hijau atau kuning, selain itu penderita akan sering mengalami sakit bahkan tak jarang juga badan menjadi demam. Mungkin penyakit sinusitis sering anda dengar, akan tetapi belum mengetahui gejala penyakit sinusitis beserta ciri-ciri dari penyakit ini. Nah untuk lebih jelas tentang pemahaman penyakit sinusitis ini saya akan menjelaskan gejala penyakit sinusitis berserta ciri-cirinya.

Penyakit Sinusitis

Sebelum masuk ke pokok utama pembicaraan kita kali ini tentang gejala penyakit sinusitis, akan lebih baik jika kita mengenal terlebih dahulu tentang penyakit sinusitis ini. Penyakit sinusitis merupakan peradangan pada bagian sinus. Sinus meruapakn rongga udara yang berada di daerah wajah (di balik tulang wajah) yang langsung terhubungan dengan hidung manusia.

Gejala Penyakit Sinusitis

Gejala Penyakit Sinusitis

Pada saat terjadi sinusitis, maka pada bagian rongga yang normalnya berisi udara dan sedikit lendir ini menjadi berubah meradang sehingga pada lapisan mukosanya akan menebal atau membengkak dan menghasilkan banyak lendir namun lendir atau ingus tersebut tidak dapat keluar dengan lancar atau dalam isrilah lain produksi lebih besar dibandingkan dengan pengeluarannya, sehingga hal tersebut megakibatkan banyak lendir atau ingus yang menjadi terperangkap di dalamnya, dan menjadi tempat yang sanagt bagus untuk pertumbuhan bakteri kemudian timbullah berbagai macam gejala penyakit sinusitis.

Gejala Penyakit Sinusitis Beserta Ciri-Cirinya

Pada tahap awal gejala penyakit sinusitis berupa keluarnya ingus atau lendir yang berwana kuning atau hijau yang disertai dengan rasa nyeri wajah di sekitar pipi, dahi dan mata. Penyakit sinusitis biasanya terjadi sesudah terjadinya infeksi saluran pernafasan atas, seperti terjadinya flu atau pilek. Penyakit sinusitis di bagi lagi menjadi 2 yaitu penyakit sinusitis akut dan kronis. Penyakit sinusitis akut merupakan sinus yang berlangsung dalam jangka waktu yang singkat dan biasanya bagian dari alergi atau pilek, sedangkan penyakit sinusitis kronis dapat berlangsung jika lebih dari 8 minggu atau terus kembali secara berulang-ulang.

Berikut ini ada beberapa gejala penyakit sinusitis yang perlu anda waspadai, antara lain :

Gejala Penyakit Sinusitis

Gejala Penyakit Sinusitis

Sakit Pada Wajah dan Dahi

Gejala penyakit sinusitis yang paling sering di temukan pada kasus sinusitis ini yaitu rasa sakit atau nyeri yang terjadi di sekitar wajah yag dimana sinus tersebut yang meradang itu berada, yaitu tepat di daerah dahi, antar mata, kedua sisi hidung, belakang hidung, bagian rahang atas depan, gigi rahang atas, nyeri di puncak kepala, nyeri di belakang mata atau di sepanjang tengkuk.

Lendir atau Ingus

Apabila saat ini anda mengalami infeksi sinusitis, maka gejala penyakit sinusitis yang akan muncul yaitu keluarnya ingus atau lendir dari bawah hidung yang berwarna kuning atau hijau dan mengeluarkan bau yang tajam. Namun ingus juga dapat mengalir ke bagian belakang ke arah tenggorokan sehingga bagian tenggorokan akan terasa gatal dan menyebabkan rasa tidak nyaman di bagian belakang tenggorokan. Dan inilah yang di sebut dengan Postnasal Drip.

Hidung Tersumbat

Pada saat yang bersamaan dengan keluarnya lendir atau ingus, maka gejala penyakit sinusitis juga akan mengalami hidung tersumbat. Yang di sebabkan oleh infeksi atau peradangan ini lah yang kana menyebabkan pembengkakan pada sinus dan bagian hidung dalam. Akibat dari hidung tersebut, maka bisa saa akan disertai dengan berkurangnya peka penciuman dan perasa.

Sakit Kepala

Gejala yang di timbulkan oleh sinus ini seperti tekanan darah tinggi dan pembengkakan yang terjadi secara terus-menerus dapat bergema di bagian seluruh tengkorak bahkan dapat menyebabkan sakit kepala. Rasa sakit kepala tersebut dapat muncul pada tempat-tempat yang mungkin tak terduga, seperti mengalami sakit telinga, nyeri pada bagian rahang dan pipi dan juga sakit gigi. Sakit kepala yang di akibatkan oleh sinus kerap kali memberat pada pagi hari karena cairan yang sudah mengumpul di sepanjang malam.

Batuk

Gejala penyakit sinusitis seperti batuk merupakan gejala yang terjadi akibat dari ingus atau lendir yang mengalir ke bagian belakang tenggorokan, tentunya dengan hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya iritasi, terutama bila terjadinya berkepanjangan. Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya batuk secara terus-menerus dan sangat menjengkelkan. Batuk yang diakibatkan oleh sinusitis akan sangat menyebalkan karena batuk tersebut lebih cenderung buruk pada malam hari, sehingga akan membuat penderitanya mengalami kesulitan tidur. Gejala sinusitis batuk ini dapat di atasi dengan posisi tidur dalam setengah duduk  dengan keadaan kepala lebih tegak selain itu dapat membantu untuk mengurangi frekuensi dan intensitas batuk seperti itu.

Sakit Tenggorokan

Gejala penyakit sinusitis berupa postnasal drip dapat menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan meradang. Meskipun mungkin pada awalnya hanya akan terasa gatal, namun jika hal tersebut berlangsung selama waktu beberapa minggu atau lebih dapat menyebabkan iritasi sehingga akan membuat tenggorokan meradang dan sakit.


=====================================

>>> Obat Sinusitis Membantu Mengatasi Sinusitis, Mengatasi Peradangan, Sebagai Antibiotik Alami, Meluruhkan atau Menurunkan Demam, Menghilangkan Rasa Sakit dan Meluruhkan Dahak Serta Memperbaiki Jaringan Organ-Organ Tubuh Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Sinusitis and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.